Inilah Beberapa Syarat untuk Bergabung Menjadi Tim Nasional Indonesia

Sepak bola termasuk sebagai bidang olahraga yang diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, begitu juga laki-laki dan juga perempuan. Terbukti bahkan olahraga yang satu ini selalu menyedot atensi masyarakat untuk melihat pertandingannya, baik yang dimainkan oleh Tim Nasional Indonesia maupun oleh pemain asing, nyatanya sepak bola yang dimainkan oleh klub-klub raksasa dunia menjadi salah satu yang paling berkesan.

Tim Nasional Indonesia
Tim Nasional Indonesia. Source: bukalapak.com

Berbicara mengenai bidang olahraga yang satu ini memang tidak terlepas dari pemain yang ada di dalamnya, semakin handal pemain yang diturunkan ke lapangan, maka itulah nantinya yang akan membawa tim menuju kepada kemenangan. Sehingga untuk bisa masuk menjadi bagian dari tim atau anggota tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi pemain internasional atau yang berlaga di luar negeri, biasanya sejak kecil anak-anak yang bercita-cita ingin jadi seorang pemain bola sudah di didik di sebuah klub-klub khusus agar nantinya bisa lebih terampil bermain bola. 

Untuk anak-anak yang ingin bergabung dalam Tim Nasional Indonesia, setidaknya ada banyak syarat yang harus dipenuhi agar bisa menjadi bagian dari tim sepak bola, diantaranya adalah:

  1. Memiliki fisik yang proporsional, satu hal yang pastinya Anda jumpai dari setiap pemain bola adalah proporsi tubuhnya yang bagus atau proporsional, tentunya tidak asal mendapatkan bentuk tubuh seperti itu, melainkan dengan serangkaian olahraga berat yang mereka jalani, sehingga terbentuk tinggi tubuh dan juga otot-otot bagus.
  2. Memiliki daya tahan atau stamina yang bagus, stamina merupakan bagian yang sangat penting harus dimiliki oleh seorang pemain bola, karena bagaimanapun nantinya Anda diharuskan untuk terus berlari, menggiring bola, menghadang lawan dan sejenisnya. Jika dari segi stamina saja kurang sudah pasti tidak akan kuat jika harus berlari di tengah-tengah lapangan bola yang sangat luas tersebut.
  3. Berlatih setidaknya sela 10 ribu jam, patut untuk diketahui bahwa para pemain sepak bola yang bisa ikut membela klub-klub mereka, setidaknya baru diterjunkan ke lapangan setelah sebelumnya menjalani latihan intensif selama kurang lebih 10 ribu jam, siang dan juga malam. Dengan latihan yang intensif inilah membuat kemampuan mereka dalam bermain jadi lebih handal.
  4. Menjalani program latihan dengan benar, meskipun dikatakan sebagai pemain bola, namun jenis latihan yang dilakukan tidak sebatas bertanding bola di lapangan saja, melainkan ada bentuk-bentuk latihan khusus, seperti diantaranya adalah untuk menjaga kekuatan otot kaki, latihan untuk stamina agar tidak mudah lelah ketika berlari, hingga menendang agar tepat sasaran.
  5. Mengkonsumsi menu makanan yang tepat, tak cukup dengan latihan, asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh juga harus diperhatikan, apa saja jenisnya dan juga jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.
  6. Memiliki taktik yang bagus, bisa dibilang olahraga sepak bola ini tidak sekedar mengadu fisik saja, lebih dari itu juga ada taktik yang dilakukan, cara agar bisa membawa tim menuju podium kemenangan, tentunya berkat kerjasama semua anggota yang ada di dalam tim tersebut, karena tanpa kerjasama akan sangat sulit mendapatkan kemenangan.

Jadi bagaimana, tertarik untuk menjadi seorang pemain bola?. Guna bisa masuk ke Tim Nasional Indonesia memang banyak sekali syarat-syarat yang harus dipenuhi, hal ini juga membuat Anda harus bersaing dengan ribuan orang lainnya, agar bisa masuk ke lapangan hijau dan membela sepak bola tanah air.

Seorang laki-laki | Blogger | Suka Sesukasukanya | Dari Klaten hingga Purbalingga | https://fb.com/sukadist | @sukadist
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *