Wajib Tahu! Pentingnya Pengelolaan Keuangan untuk Bisnis

Pengatur keuangan merupakan salah satu unsur paling penting dalam sebuah perusahaan, untuk mencapai tujuan bisnisnya. Apabila tidak ada pengelolaan keuangan yang baik dan benar, kemungkinan besar bisnis akan mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, setiap pengusaha wajib memperhatikan manajemen keuangan perusahaannya.

Ilustrasi. Image by Steve Buissinne from Pixabay.com

Seperti yang diketahui, fungsi utama manajemen keuangan adalah sebagai perencanaan arus kas, penganggaran pendapatan dan belanja. Dengan adanya manajemen keuangan yang baik tentu saja dapat membantu mengukur dan menjaga kondisi keuangan perusahaan Anda. Lalu, apa kegunaan manajemen keuangan lainnya untuk bisnis? Berikut pentingnya melakukan pengelolaan keuangan yang wajib Anda ketahui.

Mengatur Arus Kas

Pertama, manajemen atau pengelolaan keuangan pastinya dapat membantu Anda dalam mengatur arus kas operasional perusahaan. Dimana Anda dapat memperkirakan utang dan piutang yang sudah jatuh tempo, untuk mengatur kelancaran arus kas masuk dan keluar.

Dengan adanya manajemen keuangan yang baik tentu saja kegiatan operasional bisnis dapat berjalan lancar karena semua biaya sudah terhandel. Baik itu biaya sewa kantor, membeli peralatan kerja, membayar internet, telepon, mengaji karyawan dan lain sebagainya.

Menghitung Pajak

Keuntungan yang kedua yaitu dapat memudahkan dalam perhitungan pajak. Tahukah Anda pengelolaan keuangan yang baik dapat membantu menghitung estimasi perpajakan perusahaan Anda.

Sehingga perusahan akan selalu memiliki dana yang dapat dialokasikan untuk membayar pajak secara tepat waktu. Tentunya hal ini dapat mencegah pembayaran pajak yang telat dan sanksi berupa denda. Dimana denda tersebut pastinya akan sangat merugikan bisnis Anda.

Mencermati Pengeluaran Modal

Ketiga, apabila Anda ingin membeli aset sebagai kontribusi perusahaan dalam meningkatkan pendapatan bisnis. Sebaiknya pastikan aset tersebut memang akan membawa banyak manfaat dan keuntungan. Jangan sampai memaksakan untuk membeli aset perusahaan dengan berhutang, namun nantinya tidak menghasilkan pendapatan.

Oleh karena itu, sangat penting melakukan pengelolaan maupun manajemen keuangan perusahaan Anda. Sebaiknya cermati dan pertimbangkan setiap pengeluaran modal perusahaan dengan baik sebelum Anda membeli aset tersebut.

Menekan Biaya

Satu lagi fungsi adanya pengaturan keuangan yaitu membantu Anda menekan biaya pengeluaran. Seperti halnya menghemat tagihan listrik perusahaan, dimana Anda bisa memilih cara untuk mengurangi penggunaanya. Dengan sistem keuangan yang tepat Anda bisa menekan pengeluaran keuangan perusahaan untuk kepentingan yang tidak begitu menguntungkan usaha.

Itulah ulasan mengenai pentingnya pengelolaan keuangan yang baik dalam sebuah perusahaan. Sekarang ini merupakan zaman digital, dimana berbagai aktivitas perusahaan bisa di handel dengan baik melalui smartphone. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan pembukuan perusahaan dan sebagainya yang super ribet.

Hal ini dikarenakan sudah ada aplikasi digital BukuKas yang dapat membantu Anda. Aplikasi keuangan BukuKas ini menghadirkan fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk kemajuan bisnis. Salah satunya dalam melakukan pengatur keuangan perusahaan, baik daftar jualan online hingga lainnya. Oleh karena itu, tunggu apalagi buruan download aplikasi BukuKas di Google PlayStore sekarang juga!

Brotoadmojo

Seorang laki-laki | Blogger | Suka Sesukasukanya | Dari Klaten hingga Purbalingga | https://fb.com/sukadist | @sukadist

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *