Pengenalan Tentang PH Meter dan Tempat Membelinya

Pengenalan Tentang PH Meter – Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai PH meter yang merupakan alat dengan kegunaan untuk mengukur tingkat keasaman atau alkalinitas dari cairan (meskipun probe khusus terkadang digunakan untuk mengukur PH zat semi padat). Alat ini terdiri dari probe pengukuran khusus atau elektroda yang terhubung ke meteran elektronik yang mengukur sehingga menampilkan pembacaan PH.

Probe atau dalam bahasa lain disebut dengan Elektroda merupakan bagian paling penting dari alat ini. Elektroda merupakan batangan seperti struktur, biasanya terbuat dari kaca. Di bagian bawah elektroda terdapat bohlam yang merupakan bagian sensitif dari probe yang disana terdapat isi sensor. Larangan keras untuk menyentuh bohlam dengan tangan, bersihkan dengan bantuan kertas tisu.

Pengenalan Tentang PH Meter

Untuk menggunakan alat ini sebagai pengukur pH larutan, probe dicelupkan ke dalam larutan. Probe yang dipasang di lengan tangan dikenal dengan nama probe lengan. Beberapa keuntungan ketika menggunakan alat ini adalah pemakaiannya bisa berulang-ulang tidak hanya satu kali dan keuntungan berikutnya adalah nilai pH dapat terukur dengan relatif akurat dan tepat.

Ketika menggunakan PH meter ini, ada beberapa larangan yang harus di patuhi. Diantaranya tidak boleh digunakan  untuk mengukur beberapa cairan berikut:

  • Pertama adalah¬† air panas yang melebihi suhu kamar, sebab pengukuran akan menjadi tidak presisi.
  • Kedua yaitu air es atau air dingin dibawah suhu kamar, hal ini sebab pengukuran menjadi tidak akurat.
  • Ketiga yaitu air cairan lainnya yg tidak masuk kedalam range pengukuran dari spesifikasi alat ini.

Selanjutnya berbicara tentang cara pengukuran alat ini, atau penggunaan alat ini adalah sangat mudah. Diantara kemudahannya tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, siapkanlah sampel larutan yang akan di check pH-nya. Kemudian pastikan keadaan yang di check. Apabila larutan panas, maka biarkan larutan mendingin sampai dengan suhunya sama dengan suhu ketika kalibrasi. Kemudian bukalah penutup plastic elektrodanya, dan bilas dengan air DI lalu keringkan dengan tisu.

Langkah yang selanjutnya adalah dengan menyalakan pH meter dengan menekan tombol ON/OFF. Lalu masukanlah elektroda kedalam sampel, dan putar agar larut homogennya. Setelah selesai, kemudian tekan tombol MEAS untuk memulai pengukuran, pada layar akan muncul tulisan HOLD yang kedap-kedip. Kalau sudah begitu maka biarkan hingga tulisan HOLD pada layar berhenti kedap-kedip. Yang terakhir nilai pH yang ditunjukan pada layar adalah nilai pH larutan yang di cek. Kalau sudah selesai maka matikan alat dengan tombol OFF.

Guna menjaga umur pakai dari alat tersebut, maka harus dilakukan perawatan berkala, diantaranya:

  • Baterei harus di ganti jika pada layar muncul tulisan low battery.
  • Pembersihan elektroda harus dilakukan secara berkala minimal seminggu sekali. Pembersihan dilakuan dengan menggunakan larutan HCL 0.1N (encer), caranya cukup dengan direndam kurang lebih selama 30 menit, lalu dibersihkan dengan air DI.
  • Menyimpannya pada saat tidak dipakai. Terutama elektroda pada bagian gelembung gelasnya harus selalu berada pada keadaan lembab. Oleh sebab itu, penyimpanan elektroda harus selalu direndam menggunkan air DI. Apabila penyimpanan dilakukan pada posisi kering, maka bisa mengakibatkan membrane gelas yang terdapat pada gelembung elektroda akan mudah mengalami kerusakan. Terakhir adalah suhu penyimpan pada saat disimpan tidak boleh berada pada suhu ruangan yang panas, sebab akan menyebabkan sensor suhu pada alat cepat rusak.

Sudah banyak dijumpai toko yang jual pH meter, salah satunya adalah di ralali.com. Ada banyak jenis dan juga merek yang tersedia, semisal Extech, Nesco, Hanna, Krisbow, Sakti, Merck, dan lainnya. PH meter dijual dengan harga yang bermacam-macam, dari yang murah sampai yang mahal, tentu saja dengan kualitas dan fitur yang baik.

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai PH Meter semoga bermanfaat.

Seorang laki-laki | Blogger | Suka Sesukasukanya | Dari Klaten hingga Purbalingga | https://fb.com/sukadist | @sukadist
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *