Mau Berinvestasi dengan Tenang? Ini Dia Beberapa Tipsnya

Image by nattanan23 on Pixabay

Ketenangan dalam berinvestasi merupakan kunci kesuksesan seorang investor. Karena, dengan perasaan tenang tersebut, Anda bisa mendulang keuntungan saat berinvestasi secara lebih cermat. Selain itu ketenangan dalam melakukan investasi juga sangat berguna agar Anda tidak melakukan keputusan investasi yang keliru dan berujung pada kerugian. Tapi, beberapa investor, terutama para investor pemula, seringkali sulit untuk menjalani investasi dengan tenang. Untuk itu, beberapa tips berikut ini bisa Anda coba agar dapat menjalani investasi secara lebih tenang.

Memilih skema investasi yang memberikan imbal hasil pasti

Salah satu faktor yang membuat para investor pemula seringkali tidak tenang saat menjalani investasi yakni karena ketidakpastian imbal hasil yang akan didapatkannya. Ya, beberapa skema investasi memang tidak memberikan kepastian imbal hasil karena memiliki risiko investasi yang tinggi. Namun, investasi dengan risiko yang tinggi juga memberikan imbal hasil yang tinggi sehingga tetap dipilih oleh banyak orang.

Agar dapat melakukan investasi dengan tenang, maka para investor bisa memilih skema investasi bagi pemula dengan imbal hasil yang pasti. Peer to peer lending merupakan salah satu pilihan skema investasi yang tepat untuk para pemula karena kepastian imbal hasil yang diberikan. Selain itu, sebagai investor Anda juga bisa melakukan investasi dengan nominal yang kecil terlebih dahulu. Sehingga, perasaan tenang saat berinvestasi akan hadir ketika memilih skema investasi dengan kepastian imbal hasil seperti peer to peer lending.

Tidak mengecek portofolio setiap hari

Selain memilih investasi dengan imbal hasil yang pasti, cara lainnya untuk melakukan investasi dengan tenang yakni melalui proses pengecekan portfolio investasi. Setiap investor tentu perlu mengecek portfolio investasi agar dapat mencegah kerugian dan mengoptimalkan keuntungan investasi yang didapat. Namun, agar bisa melakukan investasi tanpa rasa khawatir, usahakan untuk mengecek portfolio investasi setiap hari. Karena, pengecekan portfolio investasi membuat Anda lebih rentan terbawa emosi dan melakukan kesalahan. Selain itu, pengecekan portfolio investasi setiap harinya juga akan membuat Anda tidak tenang ketika portfolio tersebut tengah menurun dan tidak sesuai harapan Anda.

Seorang laki-laki | Blogger | Suka Sesukasukanya | Dari Klaten hingga Purbalingga | https://fb.com/sukadist | @sukadist
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *