Kenali Penyebab-Penyebab Mati Listrik Dan Antisipasi Yang Bisa Dilakukan

Ada beragam penyebab listrik rumah mati sebagian atau mati total. Mungkin terjadi korsleting atau bahkan hal-hal tidak terduga lainnya. Untuk mengetahuinya simak penjelasan di artikel ini.

Ilustrasi. Image by Arek Socha from Pixabay.com

Listrik di rumah mati sebagian? Dalam dunia kelistrikan, hal ini disebut dengan istilah brownout. Pada dasarnya, brownout merupakan kondisi di mana voltase listrik utama yang disuplai masuk ke rumah di bawah voltase listrik pada kondisi normal. Berikut merupakan penyebab-penyebab mati listrik yang biasa terjadi :

  1. Faktor Cuaca
    Faktor cuaca merupakan salah satu penyebab mati listrik yang paling umum terjadi.Fenomena alam yang bisa menyebabkan mati lampu antara lain petir, hujan, angin, hujan es, banjir, kebakaran hutan, bahkan debu.
  2. Hewan
    Hewan seperti burung besar, tupai, atau ular juga bisa menyebabkan matinya listrik ketika mereka memanjat peralatan krusial, seperti transformator dan sekering, yang kemudian menyebabkan peralatan tersebut mati.
  3. Pohon Tumbang
    Ketika ada angin kencang atau ketika seseorang memangkas pohon dengan tidak hati-hati, cabangnya bisa bersentuhan dengan saluran listrik dan menyebabkan gangguan.
  4. Kendaraan
    Kendaraan yang tiba-tiba menabrak tiang listrik juga bisa merusak tiang dan menyebabkan kabel rusak yang kemudian berujung pada gangguan pada jaringan.
  5. Gempa Bumi
    Gempa bumi dengan magnitudo berapa pun bisa menyebabkan kerusakan di fasilitas perlengkapan dan saluran listrik. Walau mati listrik massal ini terjadi dua hari setelah gempa Banten, PLN memastikan kedua kejadian ini tidak terkait.
  6. Kelebihan Beban
    Kelebihan beban listrik ini biasanya terjadi pada hari yang sangat panas dan terik, di mana banyak orang menggunakan pendingin ruangan sehingga sistem dan peralatan yang ada menjadi lebih tertekan.
  7. Penggalian
    Kadang penggalian atau pengeboran tidak sengaja merusak jaringan kabel listrik yang ada di bawah tanah. Jika jaringan ini terganggu, bisa menyebabkan listrik mati.

Itu dia tujuh penyebab mati listrik yang biasa terjadi. Hal yang bisa anda lakukan dalam mengantisipasi ketika mati listrik terutama pada saat jam kerja bisa menggunakan Cadangan listrik gedung dimana tentunya anda tidak perlu khawatir atau cemas perkerjaan anda terganggu. Dalam penggunaan Power Service Solution sendiri banyak hal yang bisa di antisipasi lainnya ketika mati listrik.

Seorang laki-laki | Blogger | Suka Sesukasukanya | Dari Klaten hingga Purbalingga | https://fb.com/sukadist | @sukadist
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *