Jenis-Jenis Lampu Dan Kelebihannya

Jenis Lampu Dan Kelebihannya – Bagi wilayah yang sudah teraliri listrik, dalam kehidupan sehari-hari tentu tak bisa dilepaskan dari yang namanya lampu, karena memang lampu menjadi bagian yang sangat penting. Dipasaran terdapat bermacam jenis lampu, seperti: lampu hologen, LED, TL, dan pijar.

Jenis Lampu Dan Kelebihannya

Kelebihan Masing-Masing Jenis Lampu

Berikut ini kelebihan dari masing-masing jenis lampu yang banyak ditemui di pasaran:

Lampu Hologen

Jenis lampu ini terbuat dari kawat tungsten dan gas yang berfungsi menciptakan sinar kuat, digunakan sebagai lampu sorot atau spotlight. Biasa dipakai di toko perhiasan karena mempunyai kemampuan menonjolkan warna hampir sempurna.

Lampu LED (Light Emitting Diode)

Jenis lampu ini dinilai paling hemat energi dan aman digunakan. Cocok dan mudah diaplikasikan dalam berbagai desain rumah karena bentuk mini dan bisa berwarna-warni.

Lampu Pijar

Mempunyai nama lain incandescent, akan menyala bila arus listrik mengalir melalui kawat yang berada didalamnya. Lampu jenis ini sangat mudah menyalakannya, asal tersambung dengan arus listrik akan langsung menyala, haragnya pun sangat terjangkau. Namun, lampu jenis ini mempunyai kelemahan pada tingginya energi panas yang dikeluarkan sehingga energi cahaya ditampilkan akan sedikit dan boros.

Lampu TL

Lampu TL atau fluorescent, biasa dikenal di masyarakat sebagai neon tabung karena memiliki bentuk seperti tabung panjang lurus atau melengkung. Jenis lampu ini dilapisi bahan fosfor pada dindingnya, bahan ini akan mengubahsinar ultraviolet yang dihasilkan lampu menjadi cahaya yang bisa dilihat mata. Lampu ini lebih terang dan hemat jika dibandingkan dengan jenis lampu pijar.

Baca juga: Hati-Hati Dengan SMS Promosi dan Modus Penipuan

Demikian sekilas mengenai jenis-jenis lampu beserta dengan kelebihan masing-masing jenis lampu. Semoga bisa memberi gambaran dan referensi bagi kita untuk memilih jenis lampu yang mana yang cocok dengan kebutuhan kita. Semoga bermanfaat.

Seorang laki-laki | Blogger | Suka Sesukasukanya | Dari Klaten hingga Purbalingga | https://fb.com/sukadist | @sukadist
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *