Tujuan Penggalangan Dana yang Sering Dilakukan Masyarakat

Ketika menjalani kehidupan bermasyarakat tidak bisa lepas dari norma sosial, salah satunya adalah untuk membantu satu sama lain. Bagi Anda yang ingin membantu orang lain tersebut biasanya mempunyai beberapa cara melakukannya. Misalnya apabila membantu dalam segi materi ketika mempunyai dana sendiri maka bisa untuk langsung membantu tetapi apabila membutuhkan dana yang lumayan banyak dan tidak bisa untuk dihasilkan sendiri maka biasanya digunakan dengan cara melakukan penggalangan dana.

tujuan penggalangan dana
Ilustrasi. Photoright: Myriams / www.pixabay.com

Tujuan dari melakukan penggalangan donasi tersebut tentu diharapkan dapat membantu masyarakat lainnya yang sedang terkena musibah dan kesusahan. Seperti misalnya penggalangan donasi mempunyai tujuan untuk membantu beberapa hal seperti berikut ini:

  • Banyak mahasiswa melakukan penggalangan donasi yang dikenal juga dengan danusan untuk membiayai beberapa kepentingan. Misalnya untuk biaya melakukan aktivitas kampus yang berhubungan dengan jurusan, membuat suatu event kampus, dan masih banyak tujuan lainnya. Cara danusan yang digunakan untuk memperoleh dana yang dibutuhkan sendiri ada banyak dari berjualan barang bekas, menjual makanan di kampus, hingga ngamen di jalan.
  • Untuk membantu seseorang yang membutuhkan baik itu untuk pengobatan, membantu untuk memberikan tempat tinggal yang layak, dan juga banyak tujuan bantuan lainnya.
  • Membantu masyarakat yang sedang terkena kesusahan karena bencana alam, perang saudara, kelaparan, dan tragedi kemanusiaan lainnya.

Berbagai cara tersebut bisa dilakukan untuk membantu sesama manusia. Sehingga dapat meringankan beban apabila dilakukan secara bersama-sama dengan melakukan penggalangan donasi. Setelah melakukan penggalangan donasi yang diperlukan maka biasanya hasil yang terkumpul akan diberikan kepada orang yang membutuhkan secara langsung. Hal tersebut dilakukan oleh perwakilan dari koordinator aksi penggalangan donasi tersebut.

Selain dilakukan oleh kelompok dan dalam event tertentu ada juga jenis penggalangan dana yang dilakukan secara berkelanjutan. Hal tersebut dilakukan oleh lembaga khusus yang digunakan untuk menampung dana bantuan dan sedekah online dari masyarakat dan menyalurkannya untuk masyarakat. Misalnya seperti lembaga UNICEF yang merupakan lembaga di bawah PBB yang mengurusi masalah mengenai anak-anak. Sehingga lembaga ini bisa dipilih untuk masyarakat yang ingin memberikan donasi guna membantu keperluan anak-anak dari kesehatan, pendidikan, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *