Tips Memilih Asuransi Kesehatan Agar Tidak Salah Langkah

Setiap orang memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda, terutama yang terkait dengan aktivitas mereka sehari-hari, entah itu dari rutinitas kerja maupun kegiatan sehari-hari lainnya. Resiko yang saya maksud disini lebih kepada resiko yang berhubungan dengan kesehatan. Lingkungan kerja bisa saja berpengaruh besar terhadap gangguan kesehatan, misalnya yang bekerja di pabrik, di proyek, di jalan raya, maupun tempat lain.

Tentu tidak ada yang mau jatuh sakit, apapun jenis penyakitnya, karena memang saat orang jatuh sakit akan banyak yang harus dikorbankan, terutama yang berhubungan dengan biaya. Nah, dengan pertimbangan ini tentu butuh langkah antisipasi, butuh perencanaan yang baik bilamana hal buruk yang terkait gangguan kesehatan.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan
Ilustrasi. Photoright: Gerd Altmann / pixabay.com

Salah satu langkah antisapatif yang banyak dipilih orang adalah dengan ikut asuransi kesehatan. Saat ini memang sudah ada asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemrintah, namun bagi Anda yang memiliki anggaran lebih tidak ada salahnya mengambil asuransi swasta yang saat ini banyak dipasarkan. Bila memang Anda tertarik ikut asuransi kesehatan, sebelumnya bisa Anda simak beberapa tips memilih asuransi kesehatan berikut:

1. Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Sebelum memutuskan untuk ikut asuransi, tentu hal utama yang harus dipertimbangkan adalah kondisi keuangan Anda. Jangan sampai Anda salah langkah, karena bila kondisi keuangan belum stabil bisa-bisa nanti berhenti ditengah jalan. Oleh karenanya penting untuk mempertimbangkan secara matang kondisi keuangan.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Bila kondisi keuangan dirasa memungkinkan, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain layanan standar yang diberikan, untuk beberapa asuransi juga memberikan layanan pilihan, tentu disertai dengan biaya tambahan. Ada plus minus dari layanan pilihan ini, terutama berhubungan dengan besaran premi yang harus dibayarkan. Pilih layanan yang memang benar-benar Anda butuhkan agar premi yang dibayar juga lebih ringan.

3. Kredibilitas perusahaan asuransi

Dalam memilih perusahaan asuransi tentu Anda ingin mendapatkan perusahaan yang professional, bukan? Oleh karenanya perlu Anda lihat dan pertimbangkan baik-baik kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Jangan sampai Anda merugi dikemudian hari akibat perusahan yang Anda pilih tidak kredibel atau tidak professional.

4. Mitra perusahaan asuransi

Perusahaan asuransi pasti memiliki mitra rumah sakit, cari tahu rumah sakit mana saja yang sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut. Semakin banyak rumah sakit yang sudah bekerjasama, maka hal ini akan lebih baik, tentu hal ini berkaitan dengan kemudahan dalam mengurus klaim nantinya. Bila ada yang dekat dengan tempat tinggal dan tempat kerja maka hal ini semakin baik.

Selain empat poin diatas, tentu masih banyak pertimbangan lain dalam memilih asuransi kesehatan Indonesia. Anda bisa mencari referensi tambahan melalui sumber lain yang terpercaya. Tentu kita berharap selalu dalam keadaan sehat, tapi kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari.

Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan terkait tips memilih asuransi kesehatan. Semoga kita dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *