Pilih Blog Gratis Atau Berbayar? Inilah Alasan Pilihan Saya

Ngeblog barangkali sudah menjadi sebuah hobi bagi sebagian orang, banyak blog-blog baru yang bermunculan, entah itu karena keinginan, atau bahkan hanya karena ikut-ikutan. Namun terkadang bagi mereka yang sedang ingin memulai membuat blog, kebingungan dalam memilih platform blog atau penyedia layanan blog yang ada di internet menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Bukan apa-apa, banyaknya referensi dan banyaknya platform blog yang ada terkadang membuat bingung mereka yang masih awam.

Pilih Blog Gratis Atau BerbayarAda banyak platform blog yang ada, mulai yang gratis sampai yang berbayar. Untuk yang sedang ingin memulai membuat blog, ada baiknya kalau membuat blog pada layanan blog yang gratis daripada yang berbayar. Ini pendapat saya pribadi, karena memang dalam ngeblog ada banyak “cobaan”, terutama soal konsistensi.

Keuntungan menggunakan blog gratisan bagi yang ingin memulai ngeblog, selain gratis, tentu saja bila nantinya tidak diteruskan atau istilahnya tidak semangat atau tidak tertarik lagi untuk ngeblog, tentu saja tidak akan rugi, paling hanya modal koneksi internet saja. Sedangkan blog berbayar tentu saja harus keluar modal dulu, minimal untuk koneksi, domain dan hosting.

Keuntungan lainnya dari blog gratisan adalah banyak sekali pilhan layanan, ada blogspot (blogger.com), wordpress.com, blogdetik, dll. Seandainya nanti ingin merubah menjadi domain sendiri, biasanya masing-masing platform tersebut menyediakan layanan domain juga, atau ada juga yang bisa menggunakan domain dari pihak ke-3.

Jadi, semua sesuai selera, ingin berbayar tidak masalah selama ada anggaran keuangan dan siap dengan konsekuensi misalkan saja timbul kejenuhan nantinya. Dan perlu diingat, kalau berbayar biasanya ada batas waktu sewa hosting dan domain. Kalau gratisan, misalkan jenuh atau timbul kebosanan ngeblog, suatu saat ingin ngeblog kembali masih bisa, karena blog gratisan biasanya tidak dihapus meski sudah tidak aktif lagi.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *