Lakukan Over Kredit Rumah Secara Aman

over kredit rumah secara aman
Ilustrasi. Photoright: OpenClipart-Vectors / www.pixabay.com

Over kredit rumah adalah pengalihan kredit rumah dari debitur lama ke debitur baru. Hal ini bisa saja dilakukan jika pemilik rumah yang lama ingin menjual rumah karena memang membutuhkan uang dengan cepat. Walapun masa kredit rumah belum selesai maka bisa di alihkan ke debitur yang baru. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan over kredit rumah di usahakan melakukan dengan cara yang benar sehingga akan aman pada kedepannya. Oleh karena ada baiknya jika Anda menyimak cara aman untuk lakukan over kredit rumah.

Melalui bank pemberi kredit

Melakukan over kredit rumah yang paling aman adalah dengan cara yang berdasarkan hukum yaitu dengan melakukan pengajuan over kredit rumah kepada bank. Dalam proses yang seperti pembeli dan juga penjual wajib untuk bersama- sama menghadap pihak bank tersebut. Pihak dari bank akan melihat dan juga menganalisa kemampuan materi dari pembeli dengan melihat berkas- berkas yang Anda bawa seperti data gaji perbulan, rekening tabungan, dan lain sebagainya. Karena dengan melihat kemampuan finansial dari pembeli akan menemukan berapa banyak cicilan yang nanti harus dibayar oleh pembeli ketikan sudah pengalihan hak tanah dan juga rumah.

Mendatangi notaris

Anda juga bisa mendatangi notaris untuk melakukan over kredit rumah dengan dibuatkan surat pengikat jual beli. Diusahakan untuk pihak pembeli dan juga penjual mendatangi langsung ke notaris. Notaris tidak akan membuatkan surat jual beli saja namun juga surat Kuasa untuk melunasi angsuran dan mengambil sertifikat resmi atas tanah dan bangunan pada bank setelah pelunasan proses kredit.

Kemudian pihak penjual wajib membuat surat pernyataan mengenai over kredit rumah dengan atas nama Anda sebagai pembeli yang mengambil alih ha katas kredit rumah dan jaminan yang ditujukan pada bank. Adanya surat pernyataan tersebut Anda sebagi pembeli baru sudah wajib membayar cicilan kredit walaupun nama angsuran dan juga sertifikat masih atas nama debitur lama. Karena pihak dari debitur lama sudah tidak ada hak untuk membayar cicilan kredit rumah karena adanya pernyataan tersebut.

Nah, itulah informasi mengenai lakukan over kredit rumah secara aman. Semoga artikel ini bermfaat bagi Anda yang sedang ingin melakukan over kredit rumah dan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *