Komentar Spam Pada Tulisan Di Blog Yang Mengganggu

Sudah menjadi sebuah kewajaran saat sebuah postingan dalam blog dikomentari oleh banyak orang, entah komentar yang nyambung dengan isi posting, sekedar meninggalkan link maupun yang menyengaja nyepam (spam). Tak ada masalah sebenarnya, tapi kalau sudah terlalu berlebihan, mungkin ini baru membuat tidak nyaman.

Bagi Anda yang mempunyai blog, mungkin sudah pernah atau bahkan sering dikunjungi oleh orang-orang yang suka nyepam, barangkali yang sering diketemukan adalah “penjual obat”. Kenapa saya katakan demikian?, tanpa bermaksud menjustifikasi semua “penjual obat”, tapi dalam kenyataannya memang yang sering berkomentar sama dan sekedar “basa-basi” adalah link dan meninggalkan nama jenis obat tertentu.

Komentar Spam Pada Tulisan Di Blog

Ambil contoh dalam sebuah postingan [lihat screen shot gambar], sangat-sangat jelas disana niatan si komentator adalah hendak meninggalkan link sebanyak mungkin tanpa basa-basi. Dengan tegas saya menyebut komentar-komentar tersebut adalah komentar spam dari ‘si tukang mencoba’. Saya menaruh curiga, jangan-jangan satu orang yang meninggalkan banyak link, karena nyatanya memang kata-katanya hampir sama: wajib dicoba, boleh dicoba, harus dicoba, ingin mencoba…

Komentar Spam Pada Tulisan Di Blog

Terang saja saya merasa tidak nyaman dengan model komentar spam pada tulisan di blog semacam ini, meski itu hak masing-masing orang, namun tak ada salahnya kalau misalnya komentar sejenis itu dihapus secara massal. Bahkan, dengan berbagai cara banyak orang yang “melindungi” postingan mereka dengan berbagai bentuk: ada yang memasang kode keamanan, peringatan kode etik berkomentar, moderasi komentar, dan berbagai lainnya.

Baca juga: 9 Sumber Ide Untuk Membuat Tulisan

Saya percaya bahwa sebagian besar orang akan merasa tidak berkeberatan ketika tulisan mereka dikomentari oleh orang lain, karena dalam proses menulis terkadang juga butuh masukan. Misalnya saja komentar promosi sih tidak terlalu memberatkan asalkan wajar dan tidak terlihat sekedar komentar spam. Kalau saya dapat komentar spam, tidak tunggu lama kalau ketahuan langsung saya masukkan dalam kotak sampah. Bagaimana dengan Anda?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *