Ulasan Seputar Jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya yang Harus Anda Ketahui

Tidak sedikit wanita diluaran yang sering cemas dan bingung bagaimana cara untuk mengatasi keputihan yang terus muncul secara tepat. Bahkan ada yang mencari cara untuk mencegah keputihan datang kembali pada daerah wanita. Padahal hal tersebut sangat umum sekali terjadi, bisa dikatakan itu masih tergolong normal. Tetapi memang harus diidentifikasi, dikatakan normal jika memang tidak membuat aroma yang kurang sedap, tidak membuat gatal ataupun terjadi secara terus menerus. Karena dinding vagina dan bagian leher rahim itulah yang memproduksi cairan untuk pertahanan tubuh.

Jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi. Photoright: Robin Higgins / www.pixabay.com

Jika memang keputihan yang Anda alami masih tergolong normal tidak perlu melakukan penanganan secara khusus. Banyak sekali hal yang menjadikan masalah tersebut terus mengalami perubahan sehingga membuat tidak normal. Jika memang sudah berbau, gatal dan lainnya bisa Anda lakukan penanganan seperti berikut:

  1. Lakukan kompres dingin supaya bisa meredakan bagian gatal dan juga pembengkakan yang terjadi.
  2. Untuk lebih baiknya hindari melakukan hubungan seksual terlebih dahulu, atau jika memang berniat melakukan bisa menggunakan kondom sampai dengan berhenti pengobatannya.
  3. Jika memang Anda merasakan tidak ada perubahan yang semakin membaik selama kurang lebih 1 minggu ada baiknya untuk periksa keputihan ke dokter ahli. Umumnya dokter akan memberikan penanganan tetapi melihat kondisi dari keputihan dan dampaknya terlebih dahulu.
  4. Jika memang sudah sampai dengan rasa gatal, terluka, kemerahan, bengkak dan perih sekali ketika buang air kecil. Secara otomatis dokter akan menangani lebih serius lagi berdasarkan jenis keputihan yang dilihat tersebut.

Diatas adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keputihan secara normal ataupun sudah tidak normal. Jika memang sudah dirasa sembuh dan berhasil pengobatan yang dilakukan, saatnya untuk menjaga kebersihan diri khususnya daerah vagina. Misalnya menggunakan celana yang tidak terlalu ketat, bahan yang nyaman, hindari menggunakan celana dalam ketika tidur, basuh secara benar ketika buang air dan sebagainya. Itulah sedikit informasi yang bisa dibagi, semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami keputihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *