Alasan Memilih Hosting Dan Cara Mudah Pindah Hosting (Migrasi)

Cara Mudah Pindah Hosting – Akhirnya, kemarin (Senin, 18 Juli 2016) resmi sudah blog ini pindah ke hosting baru, setelah sekian lama berada di hosting lama, setahun lebih. Sebuah keputusan yang sulit sebenarnya, selain karena bingung mau pindah kemana, saya juga termasuk orang yang malas untuk urusan pindah memindah blog, lebih tepatnya karena keterbatasan pengetahuan dalam urusan migrasi hosting.

Sebenarnya saya sudah punya hosting dengan spesifikasi yang lumayan, bisa untuk add ons domain sebanyak-banyaknya, space juga tak terbatas. Tapi, saya tidak minat menempatkan blog saya disana, karena baru sebulan saja sudah dapat pemberitahuan terkait dengan masalah di hosting blog saya. Isi pemberitahuannya seperti dalam screen shot berikut:

cara mudah pindah hosting

Bagaimana tidak mengejutkan? Perlu diketahui bahwa saya menempatkan satu domain utama dan satu add ons domain, tapi baru menerbitkan beberapa tulisan, jumlah pengunjung pun juga tak seberapa, tapi kok malah dapat email seperti itu. Jujur saja, mengecewakan.

Alasan Saya Pindah Hosting

Keputusan untuk migrasri hosting tidak mudah, ada banyak alasan yang membuat saya merasa yakin bahwa pindah tempat adalah yang terbaik. Berikut beberapa alasan kenapa harus pindah hosting, yaitu:

  1. Masa berlaku hosting sudah hampir habis, tepatnya di akhir Juli ini. Sudah ada invoice perpanjangan, tapi masih saya abaikan, sehingga harus segera mengambil keputusan untuk terus atau pindah, dan saya pilih pindah.
  2. Space hosting lama yang terlalu kecil, sehingga butuh penambahan ruang penyimpanan.
  3. Harga yang relatif mahal, sedangkan ditempat baru lebih murah dengan perbandingan spesifikasi yang lebih baik pula.
  4. Pilihan server yang terbatas, karena saat ini tidak ada lagi server IIX atau server Indonesia. Beberapa bulan yang lalu hosting dengan paket IIX semuanya dipindahkan ke server SG atau Singapura. Tentu saja hal ini menjadikan pilihan hanya pada server US atau SG, karena tak ada lagi server IIX seperti pilihan paket hosting pilihan awal saya.

Apa yang saya sampaikan tersebut hanya beberapa alasan saja, intinya bahwa saya ingin mendapatkan pelayanan terbaik dan tentu saja dengan harga sewa yang cukup terjangkau. Apakah ada? Saya yakin pasti ada, minimal mendekati harapan saya.

cara mudah pindah hostingLama saya menimbang hosting mana yang akan saya pergunakan, karena memang banyak sekali layanan web hosting, baik dalam maupun luar negeri. Dengan berbagai pertimbangan, pilihan saya akhirnya jatuh pada Domainesia.

Alasan Saya Memilih Domainesia

Seperti sudah saya singgung sebelumnya, setelah melalui proses, akhirnya saya putuskan untuk pindah ke Domainesia, sebuah perusahaan penyedia domain dan hosting dari Indonesia. Bukan tanpa alasan tentunya, agar lebih jelas berikut saya sampaikan alasan kenapa saya memilih Domainesia, diantaranya:

  1. Harga murah, untuk paket terkecil saja harga 8.000/bulan sudah mendapatkan space 300 MB, sedangkan ditempat lama harga 8.000/bulan hanya dapat space 150 MB saja.
  2. Rekomendasi teman. Seorang teman merekomendasikan Domainesia, bukan asal merekomendasi tentunya, karena dia sudah menggunakan layanan hosting tersebut. Ini artinya bahwa hosting dari Domainesia memang benar-benar bagus.
  3. Layanan 24 jam. Customer Service (CS) siap menjawab pertanyaan dan membantu kesulitan, jadi tak perlu kuatir, bila ada pertanyaan atau kendala tinggal menghubungi CS. Beberapa kali saya membuktikan, menghubungi CS diluar jam kerja, bahkan pernah lewat tengah malam. Tidak ada yang sempurna memang, misalnya tidak direspon malam itu, biasanya pagi harinya akan ada email yang merespon pertanyaan yang disampaikan sebelumnya. Sejauh ini saya puas dengan layanan dari CS Domainesia.
  4. Membantu proses migrasi hosting sepenuhnya, gratis!.
  5. Promo menarik. Ada potongan harga 20% untuk semua paket domain, tentu saja ini sangat menarik, tanpa ada diskon saja harga sewa sudah murah, ini masih ditambah potongan sebesar 20%

Dengan alasan diatas tentu bisa dipahami kenapa saya memilih Domainesia dan mengapa Domainesia layak untuk direkomendasikan.

Cara Mudah Pindah Hosting

Seperti sudah saya singgung diatas, saya kurang pengalaman dalam hal migrasi hosting, oleh karenanya saya butuh bantuan orang lain. Seperti pada poin 4 dalam alasan saya diatas, dengan memilih Domainesia maka kesulitan saya dalam proses pindah hosting bisa teratasi, karena sepenuhnya akan dibantu oleh tim teknis. Dengan kata lain proses pindah hosting begitu mudah karena dilakukan oleh tim teknis dari Domainesia.

Bagaimana caranya bila ingin pindah hosting di Domainesia? Cukup mudah, setelah order dan status hosting sudah aktif, kirim username dan password cPanel lama beserta domainnya. Tunggu email pemberitahuan mengenai status hosting, kalau sudah selesai proses perpindahan maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan name server ke domainesia dengan alamat ns1.domainesia.net dan ns2.domainesia.net. Selesai, tinggal tunggu proses propagasi internet dapat memakan waktu 24 jam setelah pergantian nameserver. Setelah melewati masa propagasi, semua layanan dapat digunakan.

Mudah, bukan? Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang mencari hosting harga murah dengan layanan terbaik, tidak ada salahnya mencoba Domainesia. Bisa Anda bandingkan harga pada pilihan paket yang tersedia dengan harga di penyedia layanan web hosting lainnya. Bila masih ragu, bisa mencoba terlebih dahulu beberapa bulan, karena masa kontrak hosting ada pilihan satu bulan, tiga bulan, enam bulan, satu hingga dua tahun. Selamat mencoba, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

hosting indonesia

5 Comments

  1. Wah jadi pindah juga nih kang ke DomaiNesia hehe…
    Jane milih hosting domain sama aja kaya milih kontrakan atau kos2an di dunia nyata ya kang harus banyak pertimbangan untuk kenyamanan diri sendiri 🙂

    Aku yo kaya yg sebelumnya tak bilang cukup puas sama DomaiNesia

  2. Halo Mas Brotoadmojo,

    Salam kenal.
    Wah pengalaman mengurusi webnya luar biasa. Semoga dengan pindah ke DomaiNesia bisa memenuhi kebutuhan websitenya ya mas. Terima kasih atas kepercyaannya telah memilih DomaiNesia sebagai rumah baru. Jika ada kendala, saran, dan kritik bisa langsung hubungi kami :D.

    1. Halo Mas Bimo,
      Salam kenal, terimakasih kunjungannya. Semoga DomaiNesia bisa memuaskan dan membuat saya betah, karena saya tipe orang yang setia, loh. #eh 😀
      Semoga tidak pernah ada kendala sehingga tak perlu merepotkan tim dari DomaiNesia. 🙂

      Salam

  3. saya juga hosting domain di domainesia, cukup puas masalah kecepatan juga oke, hanya tidak ada sempurna, Masalah chat online di domainesia lebih banyak non aktif dari pada aktifnya. saya buka di komputer atau di warnet fasilitas chat online di web domainesia itu sering nggak aktif entah bagaimana bisa begitu ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *