Cara Membuat Blog Di Blogger.com (Blogspot) | Tutorial Blog

Cara membuat blog di blogger.com – Pada tulisan saya sebelumnya sudah saya tuliskan mengenai blog dan menulis, meskipun belum selengkap yang saya harapkan. Namun, tak lengkap rasanya kalau hanya tulisan yang saya sajikan, karena blog dan menulis itu erat berkaitan, dan dengan memiliki blog maka kita bisa memiliki satu tempat untuk menulis.

Nah, berikut ini akan saya sajikan sedikit tutorial untuk membuat blog. Ada banyak penyedia layanan blog gratis yang ada, misalnya wordpress.com, blogger.com, tumblr.com, blogdetik.com, dan masih ada penyedia layanan blog gratis lainnya. Berhubung dari sekian banyak blog gratis yang ada, maka saya hanya akan mengambil satu contoh saja, yaitu blogger.com, karena menurut saya platform blogger.com (blogspot) adalah yang paling mudah digunakan bagi pemula. Hal ini saya dasarkan pada pengalaman saat saya mulai belajar ngeblog dulu.

Apakah saya sudah pandai?, belum, saya juga masih belajar, saya disini ingin menyematkan sebuah video tutorial mengenai langkah-langkah membuat blog, mulai mendaftar sampai menulis posting di blog. Anda bisa melihat video tutorial berikut untuk lebih jelasnya.


Dalam video ini saya rasa sangat lengkap, langkah-langkahnya juga diuraikan secara detail. Intinya, yang harus Anda persiapkan untuk membuat blog di blogger.com (blogspot) adalah koneksi internet, email di google (GMail.com), dan selebihnya hanyalah langkah mudah yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya.

Kalau dalam langkah singkatnya kurang lebih demikian:

Buka alamat www.blogger.com

Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Masuk menggunakan email GMail, ingat, gunakan email GMail agar lebih mudah

Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Setelah Anda berhasil masuk, maka tampilan pertama yang harus Anda pilih adalah memilih profil yang ingin Anda gunakan sebagai identitas di blog Anda (lihat gambar diatas). Ada dua pilihan, menggunakan profil google plus atau menggunakan profil blogger. Agar lebih mudah, pilih saja menggunakan profil blogger, karenan nanti juga bisa diubah menggunakan profil google plus kalau sudah jadi.

Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Pilih buat profil blogger terbatas, lalu pilih nama tampilan profil Anda, kemudian pilih lanjut ke blogger (lihat gambar diatas). Anda sudah memiliki akun blog. Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa memilih alamat blog yang ingin Anda gunakan, caranya?, pilih tombol blog baru yang letaknya disudut kiri atas, akan muncul tampilan dimana Anda bisa mengisi judul, alamat, dan tampilan blog yang Anda pilih (lihat gambar dibawah).

Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Setelah Anda isikan judul, alamat, dan memilih tampilan blog, lalu tekan tombol buat blog. Selesai, sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog yang siap untuk diisi dengan tulisan. Pilih mulai mengeposkan untuk membuat tulisan pertama Anda (lihat gambar dibawah).

Cara Membuat Blog Di Blogger.com
Tampilan laman untuk membuat posting/ tulisan akan nampak seperti berikut ini. Anda bisa mengisi judul posting dan membuat tulisan pada kolom yang tersedia. Tidak lupa, label, jadwal terbit, link, dan pengaturan posting lain ada di side bar sebelah kanan (lihat gambar dibawah).
Cara Membuat Blog Di Blogger.com
Bila sudah selesai dan dipublikasikan, maka bisa dilihat hasilnya seperti contoh dibwah ini.
Cara Membuat Blog Di Blogger.comBagaimana, mudah bukan?. Barangkali apa yang saya tuliskan ini terlalu ribet atau kurang simpel. Anda bisa melihat video diatas sebagai pembanding. Semoga saja apa yang saya tuliskan ini bisa Anda praktekkan dan bisa Anda mengerti. Bila sudah bisa, Anda bisa melanjutkan untuk merubah tampilan blog dan optimasi blog Anda agar sesuai dengan tujuan ngeblog Anda. Selamat membuat blog.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *