Blog Gratis Yang Mudah Digunakan, Inilah Pilihannya

Blog Gratis Yang Mudah Digunakan – Sudah sekian tahun saya belajar ngeblog, dan dari sekian tahun tersebut saya sudah pernah mencoba berbagai macam platform blog, mulai yang gratis hingga yang berbayar. Pada prinsipnya, blog gratis dan berbayar mempunyai fungsi yang sama. Namun, dari sekian platform blog yang pernah saya coba, tentu saja┬ámempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Blog Gratis Yang Mudah DigunakanDari sekian banyak platform blog gratis yang ada, beberapa platform yang pernah saya coba adalah:

  • Blogger.com (blogspot)
  • WordPress.com
  • Blogdetik.com
  • Dagdigdug.com
  • Tumblr.com
  • Posterous.com
  • Blog.com

Dari apa yang saya sebutkan diatas, beberapa diantaranya sudah tidak aktif lagi, sebut saja dagdigdug dan posterous. Berdasarkan pengalaman, dari sekian blog gratisan yang pernah saya gunakan, saya merasa kalau blogger.com atau blogspot adalah platform yang paling mudah penggunaannya. Kenapa demikian?, selain menu yang saya rasa mudah, kita tidak perlu takut untuk menambah script kedalam posting atau widget blog, karena dulu (dan mungkin sampai sekarang) ada blog gratisan (wordpress.com) yang tidak memperbolehkan memasang script (terutama script iklan).

Memang dari sisi tertentu (misal: desain/tampilan blog) blogspot kalah dibanding dengan platform blog yang lain, yang rata-rata menggunakan mesin wordpress. Tapi saat ini blogspot juga sudah menyediakan fasilitas template editor, jadi kita bisa mendesain blog sesuai keinginan kita. Dan sepertinya saat ini blogspot terus mengembangkan diri.

Namun semua kembali pada pilihan masing-masing orang, apa yang menurut saya mudah belum tentu menurut orang lain demikian. Hanya saja, bila tujuan ngeblog ingin mencoba menjadikan blog sebagai tempat mencari tambahan penghasilan (me-monetize blog), mungkin blogspot adalah yang terbaik, disamping blog berbayar tentunya.

Bila Anda penasaran, mungkin bisa mencoba semua dulu, baru menentukan mana yang menurut Anda mudah dan pas untuk Anda. Apalagi untuk membuat akun kan gratis he.he.. Selamat mencoba.

1 Comment

  1. Saya dari pertama kenal ngeblog menggunakan WP.com baru mencoba – coba blogspot. Memang WordPress gratisan banyak batasannya, dan sempat mengira blogspot memang lebih keren dan fleksibel.

    Tapi setelah setahun kemudian belajar hosting, beli domain sendiri dan install WordPress saya jadi tahu kalau WordPress yang berbayar paling fleksibel. Setelahnya jadi nggak merasa puas kalau menggunakan media menulis lainnya. Hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *