Benda yang Dianggap Sepele Namun Penting Saat Mendaki Gunung

Dalam bepergian kadang kita hanya fokus pada benda-benda yang besar dan dianggap penting untuk dibawa. Benda yang terlintas ketika mendaki tentu tidak jauh dari sleeping bag, tas gunung, jaket, kompor dan makanan. Padahal ketika kamu berada digunung benda-benda tersebut tidak cukup untuk membuatmu selamat dalam misi pendakian tersebut. Ada banyak benda printilan yang kelihatannya sepele tapi memiliki fungsi penting dalam menunjang suksenya pendakianmu.

benda penting saat mendaki gunung
Ilustrasi. Photoright: Pexels / pixabay.com

Beberapa pendaki yang sudah malang melintang di dunia pendakian mungkin sudah hafal dengan berbagai peralatan mendaki dari yang penting sampai yang sepele dan berukuran kecil seperi korek api misalnya. Namun untuk kamu yang baru coba-coba mendaki sangat disarankan untuk membuat list barang apa saja yang akan kamu bawa selama berada di gunung. Beberapa benda yang dianggap sepele namun penting saat mendaki gunung adalah:

Selimut

Untuk mengusir hawa dingin selimut memiliki peran yang penting apalagi ketika mendaki ternyata hujan turun yang menyebabkanmu sulit untuk menghidupkan api unggun. Memakai jaket saja tidak cukup jika cuaca sedang tidak baik. Jadi jangan lupakan selimut untuk dibawa saat menjadi. Tidak perlu yang berukuran besar yang penting cukup untuk menyelimuti tubuhmu. Kamu bisa memilih selimut eiger dengan kualitas yang sudah terjamin demi kenyamananmu.

Trash bag

Pernah dengar kalimat ini “pendaki asing mendaki sambil mengutip sampah, pendaki lokal mendaki sambil buang sampah” ngga enak banget kan label pendaki lokal ini. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan memang begitu. Kebiasaan masyarakat kita yang buang sampah sembarangan sudah berurat nadi sehingga tidak tau tempat. Gunung bukan tempat sampah jadi sediakan trash bag atau plastik sampah selama mendaki walaupun kamu tidak mengutip sampah seperti yang dilakupan pendaki asing tersebut setidaknya kamu tidak menjadikan gunung sebagai tempat sampah. Jadilah pendaki yang budiman.

Senter

Benda kecil ini seringkali ketinggalan padahal memiliki fungsi yang penting terutama jika kamu kemalaman di jalan. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di depan sejam atau dua jam kemudian. Jadi mempersiapkan senter sebagai penerang jalan adalah mutlak untuk menyelamatkamu jika berada di dalam gelap.

Korek Api

Meskipun sama-sama sebagai penerang namun korek api memiliki peran penting untuk menghidupkan api unggun. Mengingat ukurannya yang kecil tentu tidak menjadi kesulitan buatmu membawanya bukan.

Itulah beberapa peralatan pendaki yang dianggap sepele namun penting untuk kesuksesan pendakianmu. Agar pendakian Anda aman dan menyenangkan, gunakan perlengkapan outdoor eiger terbaru yang dibuat dengan bahan dan komponen yang berkelas. Jadikan pengalaman mendaki gunung kamu lebih berkesan dengan perlengkapan hiking yang berkualitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *