Beberapa yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membeli Genset

Setiap orang membutuhkan listrik untuk menjalani kehidupan sehari-harinya. Untuk mendapatkannya, Anda tentu bisa menggunakan sumber listrik konvensional yang telah disediakan oleh perusahaan listrik nasional di Indonesia. Namun, bagaimana jika Anda tengah berada dalam lokasi yang tidak memungkinkan atau sedang mengalami mati listrik?

genset
Ilustrasi. Source: google.com

Saat tengah berada di dalam kondisi dimana Anda kesulitan mendapatkan akses sumber listrik, maka Anda dapat menggunakan genset untuk mendapatkan listrik. Genset dapat menjadi cara praktis untuk menghasilkan listrik apabila Anda tidak bisa mendapatkan sumber listrik konvensional. Tapi, dalam membeli genset Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini karena jika merugikan maka sewa genset bisa menjadi pilihan yang bijak.

Menentukan kebutuhan listrik

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli genset adalah mengetahui kebutuhan listrik yang diinginkan. Saat akan membeli genset, Anda tentu akan dihadapkan pada berbagai pilihan kapasitas yang bisa dipilih untuk mengeluarkan listrik. Semakin besar kapasitasnya, tentu akan semakin mahal pula harga genset tersebtu. Jadi sesuaikan kebutuhan listrik dengan genset yang akan dibeli dan budget yang dimiliki.

Memilih merek dan tipe yang sesuai

Selain kebutuhan listrik dan kapasitas genset yang ditawarkan, Anda juga harus memperhatikan merek dan tipe genset yang sesuai. Ada berbagai merek genset yang direkomendasikan oleh beberapa orang yang telah menggunakan dan ada pula yang kurang direkomendasikan karena memiliki ketahanan yang kurang baik. Pilihlah genset yang direkomendasikan karena jika kualitas genset yang dibeli kurang baik, maka Anda perlu melakukan service genset sehingga justru akan membuat anggaran Anda jadi membengkak.

Memperhatikan bahan bakar

Listrik yang dihasilkan genset tidak datang begitu saja melainkan Anda memerlukan bahan bakar untuk dapat menyalakan genset. Bahan bakar genset umumnya berupa bensin atau solar tergantung jenis genset tersebut. Saat akan membeli genset pastikan Anda telah memperhatikan bahan bakar yang digunakan serta seberapa besar konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui seberapa efektif penggunaan genset tersebut untuk mengaliri listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *