Alasan Mempunyai Blog Lebih Dari Satu

Sudah delapan tahun berjalan saya mulai ngeblog, tepatnya tahun 2008 saya mulai mengenal internet dan sedikit demi sedikit belajar mengelola blog. Hingga kini sudah beberapa blog yang saya kelola, baik yang gratis maupun yang berbayar. Buku-buku mengenai blog saya beli, saya belajar secara otodidak, hingga perjalanan waktu membuat saya sedikit demi sedikit mengembangkan kemampuan.

blog lebih dari satu
Blog / Sumber: freedigitalphotos.net

Beberapa blog saya kelola, lebih dari satu, saya tak mau menyebut banyak karena masih bisa dihitung dengan jari-jari tangan. Sebelumnya pernah saya tulis disini mengenai alasan kenapa harus ngeblog, tapi kadang ada banyak alasan kenapa saya dan juga banyak orang lain memiliki blog lebih dari satu, berikut ini saya rangkum dalam tiga poin, yaitu:

Bebas berekspresi

Satu blog mungkin sudah dianggap cukup untuk menuangkan ide, karena memang satu blog bisa menampung banyak tulisan. Tapi, misalnya satu blog digunakan untuk fokus satu tema, tentu akan lebih mudah bagi orang lain yang satu kegemaran.

Baca juga: Cara Membuat Blog Di Blogger.com (Blogspot)

Misalnya saja saya, dalam blog Padang Cahaya saya menulis dan mengumpulkan puisi yang pernah saya buat dari jaman dahulu sebelum ngeblog. Ada juga blog dengan tema sepak bola yang saya buat, biar asik saja, lebih mudah memetakan dimana saya harus menulis. Walapun terkadang saya juga menulis tema puisi dan sepak bola di blog utama saya di Sukadi.net.

Menambah penghasilan

Bagi pekerja, tentu ingin memperoleh penghasilan tambahan, tapi tak mungkin melakukan pekerjaan lain karena keterbatasan waktu dan kadang juga biaya. Tapi, dengan blog semua bisa dilakukan. Waktu bisa dilakukan kapan saja, di waktu luang dan di tempat mana saja.
Apa saja yang bisa dilakukan dengan blog?, banyak, yang sering dilakukan orang dengan blog antara lain:

Menjadi Publisher. Gampangnya adalah menjadikan blog sebagai tempat memasang iklan dari fihak ketiga, misalnya dipasangi iklan google adsense, kliksaya.com, dll. Darimana pendapatannya?, bila ada pengunjung klik iklan yang muncul di blog, maka pemilik blog akan dapat imbalan dollar mapun rupiah. Besarnya tergantung dari iklan dan tidak sama satu dengan yang lainnya.

Affiliasi. Menjualkan dagangan orang lain, demikian bahasa mudahnya. Dengan ikut affiliasi maka setiap ada orang yang membeli produk yang dijual lewat link di blog yang kita miliki maka kita akan dapat komisi.

Job Review. Bila blog kita sudah popular dan ramai pengunjung dan diminati oleh e commerce atau agency, tak menutup kemungkinan bisa mendapat job review.  Bahasa gampangnya adalah pekerjaan untuk menulis tentang sebuah website atau produk, lalu di publikasikan dalam blog, lalu akan mendapatkan imbalan untuk pekerjaan tersebut.

Selain tiga peluang yang saya sebut diatas, masih banyak sumber penghasilan lain yang bisa diperoleh dari internet, khususnya lewat blog. Tinggal bagaimana kita memaksimalkan blog dan membangun jaringan lewat blog.

Lahan bisnis

Apakah blog bisa untuk bisnis?, sangat bisa. Tak melulu soal blog berbayar, blog gratisan seperti blogspot atau wordpress.com pun juga bisa. Caranya?, sederhana, sudah banyak kisah orang sukses lewat blog. Selain yang saya sebut dalam sumber penghasilan lewat blog diatas, blog juga bisa dibuat focus untuk bisnis.

Blog untuk toko online

Memanfaatkan blog untuk toko online adalah hal yang lumrah, bisa saja di kombinasikan antara hobi dan kemampuan menulis, bisa saja blog akan menjadi tempat dimana kita menjual barang yang kita miliki. Blog bisa di kreasi sedemikian rupa sehingga bisa bermanfaat sebagai forum jual beli.

Blog untuk jualan jasa

Blog myallisya.com adalah blog yang membahas mengenai asuransi, pengelolalnya adalah seorang agen asuransi, pengelola blog dengan jujur menjelaskan bahwa sebagian besar agen dan nasabahnya datang dari blog tersebut. Sekarang

Selain contoh tersebut, kesempatan yang terbuka lebar memanfaatkan blog untuk bisnis adalah menggunakan blog untuk menjual jasa pembuatan blog, jasa pembuatan template blog, jasa pembuatan nama anak/perusahaan, dll.

Baca juga: 9 Sumber Ide Untuk Membuat Tulisan

Nah, jelas kiranya alasan kenapa saya dan banyak orang lainnya membuat atau mengelola banyak blog, karena memang banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mempunyai blog lebih dari satu. Jadi, saya mengajak kepada yang belum ngeblog khususnya, ayolah, ngeblog itu asik, hanya perlu syarat mudah menjadi blogger, dan tentu saja banyak manfaat yang bisa di dapatkan. Tak perlu yang berbayar dulu, blog gratisan sama saja, kalau sudah tahu rasanya selanjutnya terserah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *