Alasan Kenapa Harus Ngeblog

Blog, mungkin saat ini sudah mulai memasyarakat, minimal sudah bukan sesuatu yang asing bagi sebagian orang. Namun demikian, tak jarang orang yang merasa bingung dan kurang antusias saat bicara soal blog.  Bagi yang masih awam, barangkali mendengar kata blog terbayang sesuatu yang asing, padahal sebenarnya tak begitu. Blog adalah singkatan dari Weblog, merupakan sebuah halaman di web yang awalnya digunakan untuk menyimpan links atau hal-hal menarik yang ditemukan di dunia web. Sedangkan pengguna blog yang melakukan aktivitas, membuat, menulis blog secara rutin disebut dengan Blogger.

alasan kenapa harus ngeblog

Dulu, untuk membuat website memerlukan langkah-langkah yang cukup rumit, perlu menggunakan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language), setelah jadi, perlu di upload ke online web dengan menggunakan FTP (File Trasfer Protocol). Intinya cukup rumit dan sulit untuk sekedar membuat website. Namun sekarang untuk membuat sebuah blog cukuplah mudah, cukup mendaftar di layanan penyedia blog service, dan mulai menulis, mudah kan?. Kenapa begitu banyak orang yang menyediakan waktu untuk sekedar ngeblog?, barangkali mereka sudah merasakan manfaat dari aktifitas ngeblog. Menurut saya, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktifitas ngeblog. Berikut ini alasan kenapa harus ngeblog, diantaranya:

  • Menumpahkan ide, dengan ngeblog kita bisa menuangkan ide-ide yang ada dikepala, tak perlu banyak kertas, dengan menuliskan di blog maka kita bisa melihat dan mengingat gagasan-gagasan yang ada.
  • Menyalurkan hobi, karena tak sedikit orang yang mempunyai hobi menulis, dengan memiliki blog maka kita bisa menyalurkan hobi menulis tersebut. Bukan hanya menulis saja, hobi-hobi yang lainnya pun bisa kita salurkan lewat blog, misalnya saja kita membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan hobi kita.
  • Mencari penghasilan tambahan. Dengan blog kita bisa mencari penghasilan tambahan, misalnya saja kita bisa pasang iklan di blog, jual beli lewat blog, dan masih banyak lagi cara agar dapat memperoleh penghasilan tambahan lewat blog.
  • Tempat belajar. Dengan blog kita bisa belajar banyak, contoh nyata adalah belajar menulis, karena dengan semakin banyak menulis maka akan semakin meningkat keterampilan menulis kita. Dengan membaca dan menulis secara berulang maka otomatis akan menambah ilmu.
  • Mencari banyak teman, dll.

Memang saat ini social media atau jejaring sosial semacam facebook atau twitter sudah menjadi pilihan banyak orang, namun blog menurut saya berbeda dengan jejaring sosial yang saya sebutkan tadi, ada kepuasan tersendiri saat kita mempunyai blog. Tak percaya?, coba dan rasakan sekarang juga.

4 Comments

  1. Setuju mas, di era digital apalagi tambah dngn era pasar bebas ASEAN. Memiliki blog sudah menjadi gaya hidup penunjang karir era informasi. Salam
    —-
    Banyak hal yang bisa diperoleh dengan ngeblog, tak melulu soal materi semata, banyak nilai tambah lain dari blog.
    Salam -Skd-

  2. mantep dah penjelasanya ,,, gan liat punya saya juga ya gan ,,,,, di masyis com /blog ngapak. saya mau merangkum alasan dari page per page mengapa harus mulai ngeblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *