5 Tips Berwisata Kuliner di Bukittinggi

berwisata kuliner di Bukittinggi
(sumber : kemendagri.go.id)

Menggoda dan lezat; itulah gambaran umum dari sajian kuliner yang ada di Bukittinggi. Sebut saja seperti Nasi Kapau, Sate Padang, Bubua Kampiun, dan lain sebagainya. Tak ayal, banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini dengan tujuan menikmati sajian khas kulinernya. Nah, agar wisata kuliner Anda berjalan lancar dan menyenangkan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sarat dengan Makanan Pedas

Berbeda dengan masakan Jawa yang terkenal dengan rasa manis, makanan khas Bukittinggi dan Sumatera Barat pada umumnya terkenal dengan tingkat kepedasan yang berlebih. Karenanya, bagi Anda yang tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi makanan pedas, Anda harus berhati-hati ketika memilih makanan. Anda pun dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, karena bisa mengganggu pencernaan. Jadi, konsumsilah sewajarnya serta dengan tingkat kepedasan sesuai kemampuan lidah dan perut Anda.

Sarat dengan Makanan Bersantan

Selain terkenal pedas, makanan khas Bukittinggi juga terkenal sebagai makanan yang mengandung banyak santan. Hampir di setiap sajian dan olahan kulinernya, pasti selalu ada campuran santan. Apalagi untuk makanan-makanan seperti gulai, Sate Padang, dan lainnya yang berbahan utama santan kental.

Tak hanya pada makanan, minuman juga demikian. Tercatat ada beberapa minuman khas seperti Cindua Langkok, yang menggunakan santan sebagai campuran sajiannya. Dari segi rasa, makanan dan minuman ini memang sangat lezat dan menggugah selera. Namun, bagi Anda yang menderita penyakit jantung dan kolesterol, tentu kuliner tersebut bukan pilihan yang tepat. Jadi, usahakan Anda bisa mengontrol hasrat dan nafsu makan demi terjaganya kesehatan tubuh.

Cari Informasi Lokasi Pusat Kuliner

Di Bukittinggi, tercatat ada beberapa titik lokasi pusat kuliner yang bisa Anda kunjungi. Bagi Anda yang ingin mencicipi nikmatnya Nasi Kapau, Anda bisa datang ke kawasan Pasar Lereng. Di kawasan sentra kuliner ini, telah berjejer beragam warung Nasi Kapau dengan uni-uni yang ramah. Jika Anda ingin merasakan nikmat dan uniknya kerupuk siram, Anda bisa mengunjungi kawasan Monumen Jam Gadang di sore hingga malam hari. Di tempat ini pun telah tersaji beragam penganan khas Bukittinggi lainnya.

Kuliner Asyik di Malam Hari

Kuliner khas Bukittinggi yang lamak bana tak hanya bisa dinikmati di siang hari, lo. Di malam hari pun Anda masih bisa berwisata kuliner. Bahkan, terdapat keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika berwisata kuliner di malam hari. Anda bisa mendapatkan momen dan suasana khas Kota Bukittinggi, lengkap dengan interaksi penduduk lokalnya. Anda bisa berbaur dengan mereka sembari menikmati udara dingin khas Bukittinggi. Tentunya, pilihlah pusat-pusat kuliner yang ramai dikunjungi, seperti Monumen Jam Gadang atau yang lainnya.

Carilah Penginapan yang Dekat dengan Sentra Kuliner

Bagi Anda yang berkunjung di musim liburan, alangkah baiknya memilih hotel yang strategis dan dekat dengan pusat kuliner. Hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, sehingga Anda tetap bisa menjangkau tempat wisata kuliner dengan berjalan kaki.

Salah satu akomodasi penginapan terbaik yang direkomendasikan adalah Airy Rooms. Selain berada di lokasi yang strategis, jaringan hotel terbesar ini juga menjanjikan harga yang sangat terjangkau. Dijamin, Anda bisa mendapatkan hotel murah di Bukittinggi yang dekat dengan pusat kuliner.

berwisata kuliner di Bukittinggi

Tak hanya itu, Anda pun akan dimanjakan dengan beragam fasilitas dan layanan kamar terbaik, seperti kamar mandi yang lengkap dengan pancuran air hangat dan perlengkapan mandi, AC, TV LCD, Wi-fi, dan air minum gratis. Pemesanannya pun sangat mudah dan fleksibel, yakni bisa melalui pemesanan online di situs resmi maupun aplikasi Airy Rooms. Begitu pula halnya untuk pembayaran, yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit atau melalui transfer antarbank.

Murah dan mudah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *